Detail Artikel
BEGINI CARA YANG EFEKTIF MENJUAL PRODUK KE PELANGGAN
Posted: 27/02/2019

Anda kesulitan menjual produk Anda? Pelanggan tidak berminat untuk membeli produk Anda? Hmmm .. Jangan kuatir karena ada cara di dalam pemasaran yang terbukti ampuh dalam menjual produk. cara ini sudah dilakukan sejak lama oleh para penjual dalam memasarkan produknya dan seringkali manjur. Lantas, bagaimanakah caranya?

Cara yang sering dilakukan oleh pengguna teknik ini adalah dengan cara mengeksplorasi dan mengeksploitasi permasalahan yang sedang dihadapi oleh pelanggan. Eksplorasi dilakukan dengan cara menanyakan secara rinci dan detil tentang permasalahan yang sedang dihadapi oleh pelanggan. Apa yang sedang dihadapi, apa saja yang telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, bagaimana hasil yang diperoleh selama ini, dan sebagainya lagi.

Eksploitasi dilakukan dengan cara membangun persepsi pelanggan bahwasanya permasalahan yang sedang dihadapinya tersebut merupakan permasalahan yang sangat membutuhkan solusi. Jika tidak segera diatasi, maka dapat menimbulkan dampak negatif bagi pelanggan yang berujung pada kerugian. Dengan demikian, pelanggan akan lebih tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai solusi yang akan ditawarkan oleh si penjual.

Semakin dalam eksplorasi dan eksploitasi yang dilakukan, maka akan semakin banyak informasi yang diperoleh si penjual. Eksplorasi dan eksploitasi permasalahan secara mendalam dapat berdampak pada aspek psikologis pelanggan dimana pelanggan merasa sangat membutuhkan sebuah solusi yang tepat untuk permasalahan yang sedang dihadapinya. Jika demikian, akan memudahkan si penjual menuju proses transaksi penjualan.

Jika pelanggan sudah merasa sangat membutuhkan sebuah solusi yang tepat, maka langkah berikutnya yang dilakukan oleh penjual adalah dengan membangun opini bahwa dirinya memiliki solusi yang dibutuhkan pelanggan. Solusi tersebut adalah produk yang hendak dijual ke pelanggan. Si penjual kemudian menggiring persepsi pelanggan bahwa produk yang ditawarkannya merupakan solusi yang sangat tepat dengan cara menjelaskan manfaat produk tersebut, mengapa pelanggan harus memiliki produk tersebut dan sebagainya.

Ibaratnya seorang dokter yang sedang menangani pasiennya, tentunya si dokter tersebut sangat memahami dengan baik penyakit yang sedang dihadapi oleh pasiennya. Jika si pasien percaya bahwa si dokter sangat memahami penyakit si pasien, tentunya si pasien merasa bahwa dokter tersebut memiliki obat yang tepat untuk dirinya.

Begitu pula dengan si penjual, dituntut untuk dapat memahami dengan baik permasalahan yang sedang dihadapi oleh pasiennya. Jika pelanggan percaya bahwa si penjual memiliki solusi yang tepat bagi dirinya, maka akan memudahkan si penjual untuk menjual produknya kepada pelanggan.

 

-- Semoga bermanfaat --

 

ARTIKEL LAINNYA
Tentang Saya
Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A. Saat ini bekerja sebagai Staf Pengajar di Program Studi Akuntansi pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga berprofesi sebagai Freelance Web Designer dengan fokus pada Sistem Informasi manajemen berbasis web. Memiliki minat pada dunia bisnis, khususnya di bidang manajemen bisnis, kewirausahaan dan digital start-up business.
Kunjungan
Hari Ini
51
Bulan Ini
2.114
Tahun Ini
38.837
Keseluruhan
73.064
www.adityhermawan.com © 2019