Detail Artikel
BEGINI CARANYA MENGHASILKAN UANG YANG BESAR BAGI ANDA DARI BISNIS DROPSHIP
Posted: 24/04/2019

Dropship merupakan salah satu bentuk bisnis yang bisa dibilang tanpa modal, yang sebetulnya hanya berperan sebagai perantara (makelar) antara penjual dan pembeli. Hanya berbekal peralatan elektronik, seperti laptop, tablet maupun handphone, plus koneksi internet yang mumpuni, disertai dengan akun di berbagai media sosial dan daftar pemasok yang dapat diandalkan, maka seorang dropshipper dapat menjalankan bisnisnya kapan saja dan dimana saja.

Bisnis dropshipp bermula ketika Anda menawarkan barang seseorang (yang kemudian dianggap sebagai pemasok Anda) kepada orang lain. Jika orang lain tersebut tertarik untuk membeli barang yang Anda tawarkan, maka orang lain tersebut akan memesan kepada Anda dan Anda akan memesan kepada pemasok Anda.

Jika sepakat, maka orang lain tersebut akan membayar uang sejumlah nilai barang yang Anda jual kepada rekening Anda. Kemudian Anda juga membayar sejumlah uang kepada pemasok Anda agar barang yang Anda pesan kepada pemasok dikirimkan kepada orang lain tersebut dengan mengatasnamakan Anda. Mudah sekali bukan?

Sebaiknya Anda memilih berada di koridor B2B, yakni menjadi pemasok barang bagi pengusaha atau perusahaan. Mengapa demikian? Karena biasanya pengusaha atau perusahaan yang menjadi pelanggan Anda akan memesan barang dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karenannya, omset Anda bisa dipastikan besar sehingga peluang Anda mendapatkan untung juga besar. Selain itu, Anda tidak perlu menanggung ongkos kirim barang kepada pemasok Anda, karena semuanya ditanggung oleh pelanggan Anda.

Bandingkan jika Anda menjual barang kepada pelanggan perorangan, sudah jumlah pesanan sedkiti(biasanya hanya beberapa unit saja), untung tidak seberapa, namun waktu yang Anda korbankan juga tidak sedikit, terlebih jika Anda harus bersusah payah meyakinkan pelanggan perorangan tersebut. Untuk itu, dengan mempertimbangkan aspek keuntungan, ada baiknya jika Anda memilih bermain sebagai pemasok utama dari sebuah perusahaan.

Yang paling penting dalam melakukan bisnis dropship adalah memiliki berbagai akun di media sosial. Setelah itu barulah Anda melakukan promosi secara gencar di berbagai sosial media tersebut. Sebaiknya anda memilih media sosial yang memiliki banyak forum atau komunitas atau grup khusus B2B sehingga memudahkan Anda menjaring konsumen. Semakin banyak forum atau komunitas atau grup yang ada di media sosial tersebut, maka semakin banyak calon konsumen Anda. Sebaiknya pilih dan bergabung di forum atau komunitas atau grup yang diikuti lebih dari 1.000 orang.

Dalam melakukan promosi di media sosial Anda juga harus mempertimbangkan aspek etika, dimana ada aturan-aturan tertentu yang dimiliki oleh masing-masing media sosial. Jika Anda terlalu sering mempromosikannya di forum atau komunitas atau grup tersebut dan tidak ada yang merespon, maka Anda akan dianggap sebagai spam dan konsekuensi terburuknya adalah Anda akan di-banned tau bahkan di non-aktifkan akun Anda.Oleh karena itu sebaiknya Anda membuat jadwal mempromosikan produk Anda di media sosial tersebut.

 

-- Semoga bermanfaat --

ARTIKEL LAINNYA
Tentang Saya
Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A. Saat ini bekerja sebagai Staf Pengajar di Program Studi Akuntansi pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga berprofesi sebagai Freelance Web Designer dengan fokus pada Sistem Informasi manajemen berbasis web. Memiliki minat pada dunia bisnis, khususnya di bidang manajemen bisnis, kewirausahaan dan digital start-up business.
Kunjungan
Hari Ini
14
Bulan Ini
2.784
Tahun Ini
44.933
Keseluruhan
79.160
www.adityhermawan.com © 2019