Detail Artikel
BISNIS KULINER YANG MENGUNTUNGKAN BAGI ANDA DI LOKASI WISATA DAN TEMPAT REKREASI
Posted: 06/03/2019

Tempat wisata dan rekreasi menjadi pilihan yang favorit bagi mayoritas pelaku bisnis kuliner. Hal ini dikarenakan tempat wisata dan rekreasi akan dipenuhi oleh para wisatawan, baik wisatawan asing maupun domestik. Terlebih lagi jika tempat wisata dan rekreasi tersebut menjadi salah satu ikon pariwisata di Indonesia yang tentunya jarang sekali sepi dengan pengunjung.

Menjual makanan dan minuman khas daerah di tempat wisata merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan yang bagus bagi pebisnis. Mengapa demikian? Ketika wisatawan mengunjungi suatu tempat wisata, tentunya tidak sekedar bersenang-senang ataupun mencari cinderamata semata, namun juga ingin mengetahui dan merasakan masakan ataupun minuman khas yang ada di daerah tersebut. 

Makanan dan minuman khas daerah tersebut juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk wisatawan jika makan dan minuman khas daerah tersebut bisa dikemas dengan baik. Biasanya juga para wisatawan mencari makanan dan minuman khas daerah untuk dijadikan oleh-oleh bagi kerabat mereka, serta sebagai bukti bahwa para wisatawan tersebut sudah pernah mengunjungi sebuah tempat wisata.

Untuk menjual makanan dan minuman khas daerah tersebut hanya membutuhkan toko atau hanya sebuah booth sederhana sebagai tempat berjualan. Adapun produk makanan dan minuman khas daerah tersebut bisa Anda produksi sendiri atau bekerja samadengan produsennya, yang mayoritas dikerjakan oleh Industri Rumah Tangga / Home Industry. Untuk harga, bisa disesuaikan dengan harga pasar yang berlaku di tempat wisata tersebut.

Akan tetapi, dalam hal makanan dan minuman khas daerah, wisatawan akan lebih memilih masakan yang terkenal enak. Oleh karena itu, citarasa masakan menjadi prioritas utama ketika Anda memutuskan untuk berjualan makanan dan minuman khas daerah tersebut. Semakin enak citarasa masakan yang Anda jual, akan semakin terkenal usaha Anda dan semaki menguntungkan bagi Anda.

Tempat wisata dan rekreasi memang merupakan salah satu lokasi yang ramai dengan pengunjung, terutama di musim liburan (baik liburan hari raya, liburan tahun baru dan lainnya. Akan tetapi, beberapa hal juga harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis kuliner jika ingin berjualan di lokasi tersebut, yakni jarak yang cukup jauh atau bahkan sangat jauh dari pemasok sehingga biaya meningkat dan berdampak pada harga yang menjadi mahal, harga sewa atau beli tempat yang mahal, dan lain sebagainya.

Walau demikian, dengan jumlah pengunjung yang banyak, terutama pada musim liburan, menjadikan tempat wisata dan rekreasi menjadi salah satu lokasi berjualan yang favorit bagi pelaku bisnis kuliner. Semakin ramai pengunjung lokasi wisata dan rekreasi, maka semakin besar peluang keberhasilan bisnis kuliner.

 

-- Semoga bermanfaat --

ARTIKEL LAINNYA
Tentang Saya
Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A. Saat ini bekerja sebagai Staf Pengajar di Program Studi Akuntansi pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga berprofesi sebagai Freelance Web Designer dengan fokus pada Sistem Informasi manajemen berbasis web. Memiliki minat pada dunia bisnis, khususnya di bidang manajemen bisnis, kewirausahaan dan digital start-up business.
Kunjungan
Hari Ini
48
Bulan Ini
2.111
Tahun Ini
38.834
Keseluruhan
73.061
www.adityhermawan.com © 2019