Detail Artikel
CARA MEMBUAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN YANG EFEKTIF AGAR ANDA DITERIMA BEKERJA
Posted: 20/02/2019

Banyak pelamar kerja yang gagal hanya karena surat lamaran kerja yang dibuat kurang menarik bagi perusahaan. Oleh karenannya yang harus Anda lakukan adalah membuat surat lamaran kerja yang semenarik mungkin dengan menonjolkan profesionalisme Anda. Untuk itu, surat lamaran kerja yang Anda buat harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan sesuai dengan Kamus besar Bahasa Indonesia.

Jangan gunakan kata-kata yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari, jangan menggunakan kalimat yang berbasa basi karena akan memberi kesan Anda adalah orang yang suka bertele-tele, jangan gunakan kalimat yang panjang atau terlalu panjang karena mungkin bagian personalia atau HRD perusahaan tersebut tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk membaca surat lamaran kerja Anda.

Yang terpenting adalah tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan. Jangan sampai salah menuliskannya karena hal tersebut adalah hal yang vital dalam sebuah surat lamaran kerja. Jika Anda sampai salah menuliskannya, maka akan menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki informasi yang akurat, kurang teliti atau bahkan menunjukkan Anda seorang yang kurang atau tidak profesional.

Dalam surat lamaran kerja tersebut, cantumkan juga informasi mengenai Anda dan deskripsikan diri Anda dengan baik. Dalam menuliskan informasi mengenai diri Anda, sajikan informasi tersebut sesuai dengan lowongan pekerjaan yang diinginkan. Penulisan tersebut haruslan sopan, tidak menunjukkan bahwa Anda lebih tinggi dari perusahaan atau menunjukkan dominasi Anda terhadap perusahaan.

Begitu juga ketika Anda mendeskripsikan diri Anda, deskripsikan diri Anda sesuai dengan lowongan pekerjaan tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan keyakinan bagi perusahaan tersebut bahwa Anda adalah kandidiat pelamar kerja yang memang benar-benar dibutuhkanoleh perusahaan.

Hal terpenting dalam mendeskripsikan diri Anda bahwa Anda memiliki pengalaman di bidang yang sama sebelumnya. Tujuannya adalah bahwa Anda adalah orang yang berkompeten untuk pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan. Namun sayangnya, banyak pelamar yang gagal gara-gara menuliskan pengalaman kerja yang berjibun dengan masa kerja yang relatif singkat.

Perusahaan benar-benar mencari kandidat yang berpengalaman, namun jika pelamar memiliki pengalaman kerja yang banyak dengan masa kerja yang sedikit, menunjukkan pelamar tersebut tidak berkompeten dengan pekerjaannya, atau termasuk orang yang mudah bosan. Tentunya hal tersebut tidak disukai karena menyeleksi calon pegawai bagi perusahaan tentunya membutuhkan waktu dan tenaga serta biaya yang tidak sedikit.

 

-- SEMOGA BERMANFAAT --

ARTIKEL LAINNYA
Tentang Saya
Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A. Saat ini bekerja sebagai Staf Pengajar di Program Studi Akuntansi pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga berprofesi sebagai Freelance Web Designer dengan fokus pada Sistem Informasi manajemen berbasis web. Memiliki minat pada dunia bisnis, khususnya di bidang manajemen bisnis, kewirausahaan dan digital start-up business.
Kunjungan
Hari Ini
30
Bulan Ini
2.093
Tahun Ini
38.816
Keseluruhan
73.043
www.adityhermawan.com © 2019