Detail Artikel
INI DIA ALASANNYA PELANGGAN MEMILIH ATAU MENOLAK MEMBELI PRODUK ANDA (BAGIAN 1)
Posted: 22/05/2019

Jika Anda seorang pelaku bisnis, tentunya Anda paham bagaiman seorang pelanggan akan memilih atau bahkan menolak produk yang Anda jual. Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan pelanggan memilih atau menolak produk yang Anda jual. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut ini:

Pertama adalah performance. Hal ini berkaitan dengan aspek fungsional suatu barang. Maksudnya sejauh mana produk dapat berfungsi sebagaimana fungsi utama produk tersebut. Misalnya, jam tangan memiliki fungsi utama penunjuk waktu. Sejauh mana jam tangan tersebut dapat memberi kita informasi mengenai waktu secara akurat.

Aspek performance ini merupakan hal terpenting bagi pelanggan dan hal terpenting bagi pelanggan adalah apakah kualitas produk menggambarkan keadaan yang sebenarnya atau tidak? Apakah pelayanan diberikan dengan cara yang benar atau tidak. Itu yang terpenting. Pelanggan akan lebih memilih barang yang benar-benar berfungsi untuk menunjang aktivitasnya.

Kedua adalah fitur produk. Hal ini merupakan aspek informasi yang berguna untuk menambah fungsi dasar, berkaitan dengan pilihan-pilihan produk dan pengembangannya. Aspek ini menyangkut kelengkapan fitur-fitur tambahan. Maksudnya, suatu produk biasanya juga dilengkapi dengan fungsi-fungsi lain yang bersifat komplemen.

Misalnya, produk handphone, selain dapat digunakan untuk berkomunikasi lisan dan tulisan, juga banyak yang dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti dapat digunakan untuk membuat skedul, catatan, memiliki wungsi jam, penunjuk lokasi, kalkulator, permainan dan lain-lain. Pelanggan lebih menyukai produk dengan fitur yang lengkap agar aktivitasnya dapat dilakukan dengan baik.

ketiga adalah hal yang berkaitan dengan probabilitas atau kemungkinan suatu produk berhasil menjalankan fungsi-fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu tertentu. Aspek ini menyangkut kemungkinan tingkat kegagalan pemakaian. Artinya, apakah produk sering tidak dapat dioperasikan sesuai fungsi utama karena adanya masalah-masalah teknis ataukah lancar-lancar saja?

Misalnya, produk smartphone BB, saat dihidupkan ternyata memerlukan waktu yang lama untuk setup dan sering prosesnya terhenti atau orang menyebutnya heng dan harus direset ulang. Atau motor baru sering macet saat digunakan. Masalah-masalah tersebut menyangkut dimensi reliabiliti. Pelanggan akan lebih memilih barang yang dapat diandalkan untuk menunjang aktivitasnya.

 

(Bersambung ...)

 

ARTIKEL LAINNYA
Tentang Saya
Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A. Saat ini bekerja sebagai Staf Pengajar di Program Studi Akuntansi pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga berprofesi sebagai Freelance Web Designer dengan fokus pada Sistem Informasi manajemen berbasis web. Memiliki minat pada dunia bisnis, khususnya di bidang manajemen bisnis, kewirausahaan dan digital start-up business.
Kunjungan
Hari Ini
56
Bulan Ini
2.119
Tahun Ini
38.842
Keseluruhan
73.069
www.adityhermawan.com © 2019