Detail Artikel
INI DIA ALASANNYA PELANGGAN MEMILIH ATAU MENOLAK MEMBELI PRODUK ANDA (BAGIAN 2)
Posted: 29/05/2019

Keempat adalah kesesuaian produk dengan keinginan pelanggan. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumya berdasarkan keinginan pelanggan. Aspek ini melihat kualitas produk dari sisi apakah bentuk, ukuran, warna, berat dan lain-lain sesuai dengan yang diinginkan dan apakah pengoperasiannya sesuai dengan standard tertentu ataukah tidak.

Kelima adalah durasi atau daya tahan suatu produk. Durasibilitas suatu produk merupakan suatu refleksi umur ekonomis berupa ukuran daya tahan atau masa pakai suatu produk. Aspek ini berkaitan dengan seberapa lama produk dapat terus digunakan selama jangka waktu tertentu. Tentunya dengan pola penggunaan dan perawatan yang masuk akal alias rasional.

Misalnya, sepeda motor digunakan di jalan perkotaan, dengan perawatan tertentu akan dapat bertahan hingga misalnya 4 tahun. Pelanggan lebih menyukai barang yang dapat digunakannya dalam jangka waktu yang lama sehingga lebih efisien dalam biaya pemeliharaannya. Semakin lama daya tahan suatu produk akan meringankan biaya perawatannya.

Keenam adalah kemudahan untuk melakukan perawatan ataupun pemeliharaan suatu produk. Ada yang menyebut Aspek ini dengan istilah yang lebih lengkap yakni Aspek maintainability dan servicability. Aspek ini melihat kualitas barang dari kemudahan untuk pengoperasian produk dan kemudahan perbaikan maupun ketersediaan komponen pengganti.

Jadi Aspek ini terkait dengan sejauh mana kemudahan produk untuk dapat dilakukan perawatan sendiri oleh penggunanya. Bila suatu barang, dalam hal perawatan membutuhkan perawatan khusus dan membutuhkan pihak ketiga, maka dapat dikatakan serviceability dari barang tersebut relatif rendah. Makin rendah lagi bila selain  membutuhkan pihak ketiga untuk merawatnya, pihak ketiga yang bisa merawat barang tersebut sulit dicari.

Contoh lain, misalnya adalah apakah bila terjadi kerukan pada suatu komponen barang tersebut, maka komponen atau sparepart dari barang tersebut dapat dengan mudah diperoleh ataukah untuk mendapatkan sparepart tersebut harus dengan pengorbanan tertentu misalnya harus dilakukan dengan prosedur tertentu yang sedikit rumit, butuh waktu relatif lama untuk menunggu ketersediaannya, atau harus mencarinya di kota tertentu. 

Ketujuh adalah estetika suatu produk. Aspek ini melihat kualitas suatu barang dari penampilan, corak, rasa, daya tarik, bau, selera, dan beberapa faktor lainnya mungkin menjadi aspek penting dalam kualitas. Aspek ini menyangkut keindahan, keserasian atau kesesuaian yang membuat enak dipandang, atau dirasakan sehingga memberikan suatu daya tarik tersendiri kepada pelanggan. Pelanggan cenderung akan lebih memilih produk yang bagus dan enak dipandang serta memiliki daya taris tersendiri.

Sering disebut juga Aspek ethical profile dan image. Aspek ini berbicara tentang kualitas dari sisi persepsi konsumen. Persepsi konsumen tersebut dapat terkait nama besar atau reputasi perusahaan, atau merek. Pelanggan tentunya akan cenderung lebh memilih produk yang memiliki citra baik karena akan menunjang citra mereka ketika menggunakannya.

 

-- Semoga bermanfaat --

ARTIKEL LAINNYA
Tentang Saya
Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A. Saat ini bekerja sebagai Staf Pengajar di Program Studi Akuntansi pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga berprofesi sebagai Freelance Web Designer dengan fokus pada Sistem Informasi manajemen berbasis web. Memiliki minat pada dunia bisnis, khususnya di bidang manajemen bisnis, kewirausahaan dan digital start-up business.
Kunjungan
Hari Ini
47
Bulan Ini
2.110
Tahun Ini
38.833
Keseluruhan
73.060
www.adityhermawan.com © 2019