Detail Materi kuliah
PRAKTIK AUDIT : PENJELASAN MODUL PRAKTIKUM
Posted: 18/03/2019

Pada perkuliahan praktik audit kali ini, Anda akan berperan sebagai seorang Auditor Senior yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) Edson dan Rekan. Anda ditugaskan untuk melakukan pemeriksaan akuntansi terhadap klien, yakni PT. PETA. adapun Anda akan memeriksa laporan keuangan PT. PETA yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2012.

Adapun buku referensi yang digunakan dalam praktik audit ini sudah disediakan oleh pihak Kampus sehingga Anda tidak perlu lagi membeli buku praktikum audit tersebut. Buku referensi yang digunakan adalah AGOES, SOEKRISNO; ESTRALITA TRISNAWATI, 2014, “PRAKTIKUM AUDIT BERBASIS SAK - ETAP”, EDISI KE-3, JAKARTA, SALEMBA EMPAT.

BUKU 1 menjelaskan:

  1. Instruksi Umum
    Merupakan pedoman mendasar bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan akuntansi terhadap laporan keuangan klien, yakni PT. PETA, termasuk dalam menetapkan resiko audit. Instrukri umum juga akan memberikan gambaran kepada Anda mengenai persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pemeriksaan akuntansi. Di dalam instruksi umumjuga memberikan keterangan bagi Anda bagaimana membuat Kerta Kerja Pemeriksaan (KKP) dalam melakukan pemeriksaan akuntansi. Anda dapat membacanya di Buku 1 halaman 1 - 16.
  2. Berkas Permanen
    Merupakan kumpulan dokumen-dokumen mengenai perusahaan klien (PT. PETA) dan dapat menjadi acuan bagi Anda dalam memeriksa laporan keuangan perusahaan klien tersebut. Di dalam berkas permanen, terdapat sejarah dan latar belakang perusahaan, struktur organisasi, kebijakan dan prosedur akuntansi, serta kode akuntansi yang digunakan oleh PT. PETA. Anda dapat membacanya di Buku 1 halaman 17 - 30.
  3. Permasalahan
    Pada bagian ini, akan disajikan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh PT. PETA dalam pelaporan keuangannya. Yang mana hal tersebut menjadi tugas Anda sebagai seorang auditor untuk melakukan penelusuran-penelusuran atas pernyataan manajemen perusahaan di dalam laporan keuangan. Anda dapat membacanya di Buku 1 halaman 31 - 150.
  4. Kertas Kerja Pemeriksaan Tahun Lalu
    Kertas Kerja Pemeriksaan Tahun Lalu merupakan dasar bagi auditor untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun sebelumnya ke tahun sat dilakukan pemeriksaan akuntansi. Dengan mengetahui perkembangan tersebut, apakah naik ataukan turun, dapat menjadi pedoman dasar bagi auditor untuk menetapkan batas materialitas, resiko audit, atau bahkan prospek perusahaan di masa mendatang guna memberikan opini audit atas pernyataan manajemen perusahaan dalam pelaporan keuangannya. Anda dapat membacanya di Buku 1 halaman 151 - 306.

BUKU 2 menjelaskan:

  1. Kertas Kerja Pemeriksaan
    Kertas Kerja Pemeriksaan akan menjadi media bagi Anda untuk mengerjakan pemeriksaan akuntansi atas PT. PETA. Dengan kata lain, Anda melakukan pemeriksaan akuntansi terhadap PT. PETA menggunakan Kertas Kerja Pemeriksaan. Untuk kertas Kerja Pemeriksaan dapat Anda baca di Buku 2.

PERSIAPAN YANG HARUS ANDA LAKUKAN

Berikut ini adalah persiapan-persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan pemeriksaan akuntansi adalah sebagai berikut ini:

  1. Alat tulis yang dibutuhkan
    Anda akan membutuhkan peralatan tulis berupa pulpen dengan 3 warna tinta, yakni pulpen warna tinta hitam, merah dan biru. Pulpen warna tinta hitam untuk membuat catatan atas pemeriksaan serta laporan-laporan atas audit yang telah dilakukan. Pulpen warna tinta merah digunakan untuk menuliskan simbol-simbol yang digunakan dalam pemeriksaan. Pulpen warna tinta biru digunakan untuk mengisi tabel-tabel dalam Kertas Kerja pemeriksaan.
  2. Pakaian formal
    Anda diwajibkan untuk menggunakan pakaian formal layaknya dunia kerja. Penggunaan pakaian formal dimaksudkan untuk membangun suasana kerja dalam perkuliahan praktik Audit. Hal ini dikarenakan untuk membiasakan diri Anda agar terbiasa dengan suasana kerja yang formal sehingga Anda bisa beradaptasi dengan dunia kerja nantinya.
  3. Alat hitung berupa Kalkulator
    Anda diwajibkan untuk menyiapkan alat hitung berupa Kalkulator. Hal ini dikarenakan dalam pengerjaan pemeriksaan akuntansi, Anda akan banyak melakukan penghitungan-penghitungan.

PERATURAN YANG HARUS ANDA PATUHI

Berikut ini adalah peraturan-peraturan yang harus Anda patuhi selama melakukan pemeriksaan akuntansi adalah sebagai berikut ini:

  1. Dilarang makan dan minum selama praktikum berlangsung.
  2. Dilarang menggunakan pakaian selaian pakaian formal.
  3. Dilarang merokok di dalam ruang praktikum.
  4. Dilarang membuat gaduh selama praktikum berlangsung.
  5. Dilarang mencorat-coret Buku Praktikum.
  6. Dilarang menggunakan pensil dan penghapus serta tidak diperbolehkan menggunakan Tipe-X.

 

-- Selamat mengerjakan --

MATERI KULIAH LAINNYA
Tentang Saya
Aditya Hermawan, S.E., Ak., M.S.A. Saat ini bekerja sebagai Staf Pengajar di Program Studi Akuntansi pada salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Malang, Jawa Timur. Selain itu juga berprofesi sebagai Freelance Web Designer dengan fokus pada Sistem Informasi manajemen berbasis web. Memiliki minat pada dunia bisnis, khususnya di bidang manajemen bisnis, kewirausahaan dan digital start-up business.
Kunjungan
Hari Ini
15
Bulan Ini
2.078
Tahun Ini
38.801
Keseluruhan
73.028
www.adityhermawan.com © 2019